web stats

Senin, 11 November 2013

MACAM-MACAM JARINGAN

A. Local Area Network
    
      Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya dalam lingkup ruang yang kecil, misalnya di suatu rumah, kantor, atau gedung, biasanya LAN mengunakan teknologi kartu jaringan atau Ethernet.
     Kecepatan pertukaran (transfer) data pada jaringan LAN bergantung pada kualitas kartu jaringan yang digunakan. Jika kartu Ethernet, yang digunakan merupakan kartu Gigabit Ethernet, kecepatan transfer datanya dapat mencapai 10 Gigabit perdetik.
     Selain mengunakan Ethaernet, jaringan LAN dapat juga menggunakan teknologi Token Ring dan Fiber Distribution Data Interface (FDDI).

 



B. MAN atau Metropolitan Area Network

    MAN atau Metropolitan Area Network pada prinsipnya sama dengan LAN. MAN adalah suatu jenis jaringan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN. Jarak maxsimum yang dapat dihubungkan dengan MAN berkisar antara 10-50 km. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang jaraknya berdekatan dalam kota yang sama.




C. WAN atau Wide Area Network
    
     WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas. WAN dapat menghubungkan antar negara bahkan antar benua. Salah satu tujuan lain pembuatan WAN adalah untuk penyediaanya layanan e-mail, World Wide Web, dan transfer file.
      Perangkat teknologi yang biasa dipakai pada WAN adalah modem, ISDN( Integrated Service Digital
Network), DSL (Digital Subsriber Line), dan Frame Relay.


    
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar